Fitur Penting Pada Aplikasi Mobile JKN
Pada panduan ketiga ini, kita akan membahas berbagai fitur utama yang paling sering digunakan karyawan di aplikasi JKN Mobile.
A. Kartu Digital JKN
Buka menu Kartu di bagian menu bawah dashboard.
Pilih nama peserta yang terdaftar.
Kartu digital (e-card) BPJS akan tampil di layar.
Anda bisa screenshot kartu untuk digunakan di faskes.
setelah klik Kartu akan muncul E-Card seperti dibawah ini.


B. Cek Status Kepesertaan
Buka menu Info Peserta.
Lihat status kepesertaan aktif/tidak, kelas rawat, dan faskes terdaftar.
C. Ubah Faskes Tingkat 1
Pilih menu Perubahan Data Peserta.
Pilih opsi Fasilitas Kesehatan Tingkat 1 pada form bagian bawah.
Cari dan pilih faskes baru sesuai domisili Anda.
Ikuti instruksi hingga proses selesai.

D. Antrean Online
Klik Menu Lainnya, Cari menu Pendaftaran Pelayanan (Antrean Online).
Pilih Faskes Tingkat Pertama, jika sudah ada rujukan dari faskes 1 maka pilih Faskes Rujukan Tingkat Lanjut untuk memilih Rumah Sakit rujukan berobat.
Tentukan poli dan jadwal kunjungan.
Nomor antrean akan muncul di aplikasi.

E. Riwayat Pelayanan
Pada bagian dashboard pilih menu Info Riwayat Pelayanan.
Maka, anda akan melihat daftar kunjungan faskes atau rumah sakit sebelumnya.

F. Cek Tempat Tidur Rumah Sakit
Klik Menu Lainnya, selanjutnya pilih menu Info Ketersediaan Tempat Tidur.
Pilih rumah sakit yang dituju.
Sistem akan menampilkan jumlah kamar kosong per kelas.


G. Pengaduan Layanan
Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh peserta BPJS Kesehatan untuk memberikan feedback terhadap layanan dari Faskes Tingkat 1 maupun Rumah Sakit yang dikunjungi
Buka menu Pengaduan Layanan JKN.
Klik tombol + (plus) pada kanan bawah, dan isikan form pengaduan layanan dengan lengkap
Setelah di isi maka pengaduan kita akan sampai ke pihak BPJS Kesehatan, selanjutnya akan ada tindak lanjut dari pihak BPJS Kesehatan..

Semoga Tutorial ini bermanfaat, agar lebih maksimal bisa bantu share ke yang lain agar bisa merasakan manfaat dari artikel ini.



